bayi sehat

Tips Jitu Menjaga Kesehatan Anak Bayi

Pengalaman seorang ibu dalam merawat bayi tentu sangat berharga. Terkadang seseorang yang beru menjadi ibu merasa bahagia dan juga khawatir saat seorang bayi mungil telah berada diantara kehidupannya. Saat anda para Bunda baru memiliki seorang anak, maka jangan cemas, karena anda bisa merawat bayi dengan kasih sayang dan juga dengan memperhatikan beberapa hal.

Tentu dibutuhkan ketelitian, ketekunan dan juga kesabaran dalam merawat sang buah hati yang baru lahir. Bunda perlu hati-hati dan juga tetap waspada dalam menjaga kesehatan bayi. Tidak hanya melihat pada pola makannya tapi juga pada kesehariannya harus tetap diperhatikan, karena setiap gerak gerik bayi mengandung banyak makna dalam masa pertumbuhannya.

Adapun Beberapa Tips Mudah Dan Handal Yang Bisa Anda Terapkan Untuk Menjaga Kesehatan Anak Bayi Diantaranya Adalah:

  1. Bersihkan tempat tidur bayi

Hal ini sangat sepele dan tentu sangat penting, karena kebersihan lingkungan bayi termasuk tempat tidurnya menjadi pemicu utama kesehatan bayi. Kadang kala bayi akan merasa tidak nyaman saat tempat tidurnya basah atau kotor atau bahkan bau ompol. Karena itu mengganti alas tempat tidur sangat penting setiap saat terutama saat bayi mengompol. Tidak hanya tempat tidur, begitupun pakaian bayi harus sering diganti terutama celana atau popoknya.

  1. Jemur bayi di pagi hari

Hal ini sangat penting untuk kesehatan bayi. Karena itu di pagi hari saat mentari muncul maka segera jemur bayi anda sekitar 15 menit agar dapat menghangatkan tubuh bayi dan juga dapat mengurangi bilirubin yang berubah menjadi senyawa yang larut dalam air dan menjadi urine. Menjemur bayi sebaiknya dibawah jam delapan pagi setelah matahari terbit.

  1. Mandikan bayi dengan air dingin

Terkadang anda merasa cemas jika memandikan bayi dengan air dingin. Tapi sebetulnya dengan memandikannya ke dalam air dingin atau tanpa dicampur air panas maka bayi menjadi lebih kuat. Karena dengan air dingin dapat membuat pembakaran di dalam tubuh dan juga dapat menguatkan metabolisme sang bayi.

  1. Posisi bayi saat makan

Saat memberikan makan pada bayi anda perlu memperhatikan posisinya. Posisi bayi saat makan yang lebih baik adalah dengan posisi tidur dan kepala diangkat sedikit sehingga tidak telentang. Dengan posisi yang salah kadang bisa menyebabkan bayi mengalami gumoh yakni mengeluarkan makanan atau minuman saat bayi merasa kenyang, atau saat posisinya tidak nyaman dan juga jika gurita yang dipakaikan terlalu kencang. Karenanya jangan memakai gurita terlalu kencang.

  1. Cara menggendong bayi

Hal ini sering menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para ibu, karena salah menggendong akan berakibat fatal, karena tulang bayi masih rawan. Sebaiknya pegang leher disetiap menggendong bayi dan jika lehernya telah kuat, maka anda bisa dengan sambil mengayunkannya atau dengan mengangkatnya keatas sehingga bayi bisa mengontrol emosinya setelah ia besar.

Leave a Reply