hamil

Tanda-tanda Yang Terlihat Pada Wanita Hamil

Memiliki momongan tentu menjadi idaman setiap pasangan suami istri. Sebagai seorang wanita tentu sangat bahagia ketika mengetahui bahwa dirinya positif hamil. Karena itu, ketika anda mengetahui beberapa gejala atau tanda-tanda kehamilan, maka anda bisa langsung periksakan ke dokter agar lebih jelas dan terbukti.

Beberapa Tanda Yang Umumnya Bisa Memperlihatkan Wanita Hamil Diantaranya Adalah:

  1. Terlambat datang bulan

Inilah yang biasanya merupakan tanda paling diyakini. Saat wanita terlambat datang bulan atau menstruasi maka ia bisa dikatakan hamil. Wanita yang sedang hamil tidak akan mengalami haid karena sel telur telah dibuahi sehingga ovarium tidak lagi memproduksi sel telur baru terutama selama masa kehamilan. Karenanya anda pun tidak akan mengalami masa haid sepanjang kehamilan anda.

  1. Pendarahan

Tanda ini bisa menjadi penentu kehamilan anda. Jika anda telah melihat munculnya bercak darah maka anda bisa dikatakan positif hamil. Pendarahan ini hanya sedikit dan tidak sebanyak darah haid. Pendarahan terjadi akibat adanya implantasi akibat proses penempelan calon janin ke dinding rahim.

  1. Payudara membesar

Hal ini umum terjadi pada wanita yang menjelang hamil. Payudara akan nampak membesar dan membengkak. Selain itu payudara lebih sensitif jika terkena sentuhan dan terasa nyeri. Selain itu payudara akan terasa lebih lembut dan empuk jika diraba, selain itu juga terasa gatal pada bagian puting.

  1. Kram pada perut

Hal ini pun umum terjadi dan juga sebagai pemicu awal anda hamil. Perut akan terasa kram pada beberapa saat. Kram yang terjadi pada perut ini dikarenakan terjadinya implantasi janin ke dinding rahim. Kram ini pun akan terus terasa selama proses tersebut.

  1. Sering Buang air kecil

Wanita yang hendak hamil umumnya lebih sering mengalami buang air kecil. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon dan juga terjadi akibat pembesaran rahim sehingga menekan kantong kemih. Anda akan lebih sering buang air kecil khususnya di malam hari.

  1. Mudah lelah

Tubuh anda akan terasa lelah jika menjelang hamil. Anda akan mudah capek walaupun tidak melakukan pekerjaan berat. Hal ini terjadi akibat adanya peningkatan progesteron dan juga perubahan pada produksi darah serta metabolisme tubuh dan detak jantung. Bahkan jika anda terlalu lelah bisa menimbulkan depresi.

  1. Mual-mual dan muntah

Inilah yang paling terlihat. Saat wanita mual-mual maka dikatakan bahwa ia hamil. Mual-mual ini bisa terjadi setelah sebulan sejak masa haid atau terlambatnya haid. Mual ini bisa terjadi di pagi hari atau bahkan di beberapa waktu lainnya. Hal ini terjadi akibat naiknya asam lambung dan juga naiknya kadar hormon beta-HCG. Mual dan muntah ini akan berhenti setelah usia 5 bulan kehamilan. Anda juga bisa sambil memakan permen mint atau buah jeruk untuk menghilangkan rasa mual berlebih.

Leave a Reply