bercak darah

Munculnya Bercak Darah Tanda Kehamilan

Memiliki seorang anak tentu telah menjadi impian setiap wanita yang baru menikah. Karena itu, para wanita selalu menunggu kapan datangnya sang buah hati. Nah, karena itu, anda perlu tahu tanda-tanda kehamilan paling utam yang merupakan prioritas utama tanda kehamilan. Salah satunya adalah munculnya bercak darah setelah terlambatnya datang bulan.

Umumnya, tanda utama wanita hamil adalah terlambatnya datang bulan. Jika anda terlambat mestruasi dan kemudian muncul sedikit bercak darah, maka darah tersebut bukanlah darah haid tapi merupakan tanda kehamilan anda. Adanya bercak darah tanda kehamilan merupakan ciri utama hamil satu minggu.

Mengapa muncul bercak darah?

Bercak darah atau disebut dengan pendarahan implantasi merupakan hal yang lumrah terjadi sebagai tanda kehamilan minggu pertama. Bercak darah bisa muncul akibat menempelnya sebagian implan di dinding rahim yakni menempelkan sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim, sehingga adanya jaringan yang terbentuk di sekitar sel telur mampu merusak pembuluh darah yang ada di dalam rahim dan akhirnya dinding rahim pun mengalami pendarahan dan keluarnya darah implan.

Berapa lama muncul bercak darah?

Bercak darah ini umumnya muncul pada saat enam hari atau bahkan hingga 12 hari setelah terjadinya pembuahan atau ovulasi yakni setelah melakukan hubungan badan hingga menjelang masa menstruasi. Bercak darah juga bisa keluar hanya satu atau hingga tiga hari saja, dan bercak yang keluar pun hanya sedikit. Bercak darah ini hanya terjadi pada saat awal kehamilan saja dan hal ini umum terjadi pada wanita hamil pertama.

Bagaimana warna bercak darah tanda hamil?

Warna darah haid dan darah implantasi tentu berbeda. Warna darah haid umumnya berwarna merah pekat atau merah kehitaman. Sementara warna darah atau bercak darah tanda kehamilan adalah warna coklat atau merah muda dan umumnya hanya keluar sedikit, tidak banyak seperti darah haid biasanya.

Akan tetapi, di samping itu adapun yang mengalami darah implantasi berwarna gelap bahkan lebih gelap dari warna darah haid. Jika warna darah implantasi tersebut berwarna gelap hal itu terjadi karena waktu yang dibutuhkan untuk darah mengalir keluar dari vagina cukup lama. Untuk itu anda juga butuh memeriksanya ke dokter terdekat.

Bagaimana saat munculnya bercak darah?

Munculnya bercak darah yang menandakan bahwa anda sedang hamil adalah disertai dengan rasa nyeri pada bagian rahim. Umumnya akan terasa nyeri atau kram pada perut saat keluarnya darah implantasi, tapi kram yang dirasa lebih ringan, tidak terlalu nyeri seperti halnya nyeri haid. Rasa nyeri ini bisa terjadi akibat adanya implan telur dan juga rahim yang telah berubah karena perlu mengkomodasi embrio. Untuk memastikannya pula, bercak darah yang keluar hanyalah sedikit dan bahkan hanya berupa flek hitam dan ini hanya berlangsung sementara yakni 3 hari.

Leave a Reply