makanan menyusui

Makanan Untuk Ibu Menyusui Paling Bergizi Dan Bernutrisi

Sebagai seorang ibu yang masih ada dalam masa menyusui sangat penting bagi anda untuk mengatur pola makan dan memilih makanan yang bergizi dan bernutrisi. Hal ini penting karena ibu tidak hanya menjaga kondisi kesehatan ibu tapi juga kondisi kesehatan anak ibu. Saat menyusui tentunya nutrisi yang ada di dalam tubuh ibu ikut masuk melalui ASI ke dalam tubuh si kecil. Karena itulah pentingnya para ibu yang menyusui untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi dan gizi.

Terdapat Banyak Makanan Untuk Ibu Menyusui Yang Bisa Ibu Konsumsi, Diantaranya Adalah:

  1. Kacang panjang

Jenis sayur berwarna hijau dengan bentuknya yang panjang ini mampu membantu produksi ASI lebih banyak dan juga melancarkan keluarnya ASI. Ibu bisa memakan kacang panjang yang telah direbus dan juga bisa meminum airnya.

  1. Kuning telur

Kuning telur mengandung banyak protein yang sangat baik bagi kesehatan ibu dan anak. Kuning telur juga bisa membantu pertumbuhan anak dan juga menguatkan tulang anak. Kuning telur ini baik dimakan dalam keadaan tidak setengah matang, karena kuning telur setengah matang megandung bakteri yang tidak baik bagi tubuh.

  1. Beras merah

Ibu menyusui akan lebih baik mengkonsumsi beras merah dibanding beras putih karena beras merah mengandung banyak karbohidrat dan sedikit glukosa sehingga baik untuk kesehatan. Beras merah juga mampu memberikan banyak tenaga pada ibu menyusui yang tentunya mudah lelah.

  1. Roti gandum

Anda bisa memakan roti gandum atau biskuit gandum, karena gandum mengandung banyak gizi dan juga serat yang sangat baik bagi perkembangan tubuh si kecil. Gandum juga mampu memberikan rasa kenyang pada anda sehingga gizi anda selalu terpenuhi.

  1. Ikan salmon

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan salmon memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi dan juga banyak DHA yang sangat baik bagi pertumbuhan tubuh bayi. Ibu bisa mengkonsumsi ikan salmon untuk membuat anak ibu semakin cerdas dan berpikir kreatif.

  1. Kacang-kacangan

Jenis kacang-kacangan juga baik dikonsumsi baik kacang polong, kacang merah, kacang almon dan lainnya. Ibu bisa mengkonsumsi ini untuk menambah daya tahan tubuh dan juga menguatkan metabolisme tubuh bayi karena kandungan protein di dalamnya yang begitu banyak.

  1. Buah-buahan

Para ibu menyusui tak boleh lupa untuk sering mengkonsumsi buah-buahan karena di dalamnya terkandung banyak mineral dan vitamin yang tentu diperlukan tubuh bayi dan tubuh anda. Buah juga sangat baik untuk perkembangan tubuh anak dan juga mengembangkan pola pikir anak.

  1. Susu tanpa lemak

Mengkonsumsi susu tanpa lemak juga sangat penting sehingga bisa mendukung nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi selain ASI. Dengan meminum susu tanpa lemak juga dapat membantu perkembangan otak bayi dan menjadikan kuatnya metabolisme tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Leave a Reply