Gambar Usia Kehamilan 20 Minggu

Inilah Gambar Usia Kehamilan 20 Minggu dan Fase Perkembangannya

Gambar usia kehamilan 20 minggu. Fase perkembangan janin pada usia 30 minggu memang sudah memasuki tahapan perkembangan yang sangat pesat. Janin lebih cepat berkembang pada trimester kedua kehamilan. Nah, bagi Bunda yang sedang mengandung sangat disarankan untuk mengetahui fase perkembangan janin setiap tahapnya dan memperhatikan asupan nutrisi supaya berlangsung optimal.

Memperhatikan asupan makanan yang bergizi, menjaga kebugaran tubuh dan rutin memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter merupakan sebagian dari upaya untuk menjaga tumbuh kembang janin. Pemantauan janin dalam setiap tahapnya memang sangat penting mengingat pada usia kehamilan ini terjadi berbagai proses penting seputar tumbuh kembang janin.

Perkembangan Janin Pada Usia 20 Minggu Kehamilan

Perkembangan janin pada minggu ke-20 memang terjadi dengan sangat pesat. Kini ukuran janin sekitar 20 cm dan beratnya juga mulai bertambah menjadi 300 gram. Pada tahapan ini mata bayi sudah mulai peka terhadap cahaya yang masuk dari luar rahim. Bahkan kini si kecil sudah memiliki kemampuan untuk menunjukan ekspresi, salah satunya dengan mengerutkan dahi.

Seiring dengan hal tersebut, aktivitas janin semakin bertambah sehingga Anda sudah bisa merasakan gerakan janin dengan jelas. Salah satunya gerakan berupa tinjuan yang akan membuat perut Anda terasa geli.

Pada usia kehamilan 20 minggu, janin sudah mampu menelan air ketuban secara tidak sengaja sehingga cegukan. Kini perkembangan saraf otak sudah mulai tersambung ke telinga dan pendengarannya mulai peka.

Perkembangan lainnya yaitu pada bagian kulit yang mulai menebal dan transparansinya mulai berkurang. Rambut pada bagian kepala mulai tumbuh dan alis tipis mulai muncul secara perlahan. Selain itu, sumsum tulang belakang mulai terbentuk dan memproduksi sel darah merah.

Nah, selain beberapa perubahan dan perkembangan yang sangat pesat pada janin, ada beberapa perubahan yang mungkin akan dirasakan oleh sang ibu. Akibat perkembangan janin yang semakin pesat maka akan membuat jantung sang ibu memompa lebih banyak darah. Terkadang kondisi tersebut akan menyebabkan keluhan pada ibu hamil seperti varises dan wasir.

Keluhan lain yang dirasakan akibat perubahan tersebut yaitu ibu hamil sering berkeringat. Pada tahapan ini sebaiknya ibu hamil menggunakan baju yang lebih tipis dengan bahan yang nyaman seperti kain katun. Hindari pakaian yang terlalu tebal dan ketat karena akan membuat Anda merasa tidak nyaman.

Perubahan lain yang sering terjadi pada ibu hamil yaitu pigmen kulit menjadi lebih gelap. Kebanyakan hal ini terjadi pada wajah sehingga membentuk topeng wajah. Hal ini bersifat wajar dan akan hilang dengan sendirinya.

Demikian perkembangan janin pada kehamilan 20 minggu yang perlu Anda ketahui. Dalam upaya untuk membantu tumbuh kembangnya, perhatikan asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Hindari kebiasaan buruk dan periksakan kandungan ke dokter.

Leave a Reply