mendidik-anak

Cara Mendidik Anak Yang Baik Agar Tumbuh Cerdas

Mendidik seorang anak sebetulnya tidak mudah, karena banyak hal yang harus anda pelajari sebelum mendidik anak. Sebagian besar seorang anak akan mengikuti ibunya atau orang tuanya, karena itu orang tua pun memiliki peranan sebagai panutan utama seorang anak. Karena itu, anda perlu mengajarkan berbagai hal yang baik pada anak agar itu pun bisa tumbuh menjadi anak yang baik dan cerdas.

Di samping itu anda juga perlu memperhatikan keadaan sekitar lingkungan anak, khususnya lingkungan rumah anda. Karena dengan siapa ia bermain tentu harus menjadi pengawasan anda, karena seorang anak bisa dengan mudah terbawa lingkungan, terutama jika ia berada di lingkungan yang tidak baik. Maka, jika anda berada di lingkungan yang tidak baik, akan lebih baik anda mengawasinya di rumah dengan memberikan beberapa game pendukung kecerdasan otaknya. Tapi anda juga tak boleh terlalu mengekangnya, karena itu anda juga perlu membawanya bermain atau bertamasya ke beberapa tempat agar otaknya tak jenuh dan ia bisa berpikir lebih luas.

Seorang anak bisa dengan mudahnya terbawa suasana dan juga orang yang ada di sekitarnya. Karena itu, sejak dini sebaiknya seorang anak dikenalkan pada hal-hal baru yang berbau positif.

Ada Banyak Cara Mendidik Anak Yang Baik Agar Ia Bisa Tumbuh Menjadi Anak Yang Baik Dan Juga Cerdas, Diantaranya Adalah:

Mendidik Dalam Keseharian

Seorang anak akan lebih mudah dididik sejak ia kecil dan juga lebih mudah mengikuti orang tuanya. karena itu anda perlu memberikan contoh yang baik saat anak hendak makan, hendak mandi, hendak tidur dan lainnya. Anda bisa mengajarkannya membaca doa terlebih dahulu, membersihkan tempat tidur dan juga membuka bajunya saat ia hendak mandi. Dengan mengajarkan berbagai hal kesehariannya maka ia akan tumbuh menjadi anak yang baik dan mandiri.

Mengajarkan Hal Baru

Anda perlu menawarkan banyak hal baru pada si kecil dan tentunya berada dalam pengawasan anda. Misalnya dengan memperlihatkannya huruf, atau gambar-gambar binatang dan lainnya. Dengan memberinya gambar-gambar maka ia akan bertanya dan memiliki rasa ingin tahu, dan disaat itulah otaknya akan mudah berkembang. Karena itu, dari setiap pertanyaannya anda perlu menjawab dan menjelaskannya hingga ia bisa mengerti, mencerna dan bahkan menyimpannya dalam memorinya.

Anda juga bisa memancing pikirannya dengan bertanya ulang sehingga otaknya bisa berpikir. Seorang anak akan lebih mudah menjadi cerdas saat ia penasaran dengan hal baru dan pada kesempatan itulah anda perlu memberinya banyak pengetahuan baru. anda juga bisa mengajarkannya melalui game atau video yang lebih menyenangkan dan di dalamnya terkandung banyak pendidikan seperti mendidik anak untuk solat, berperilaku baik, suka menolong dan lainnya. Dengan demikian otaknya pun akan terus berkembang dan berpikir. Bahkan ia bisa menjadi cerdas dengan keaktifannya di rumah.

Leave a Reply